oleh

Karyawan RSUDAM Siap di Vaksinasi Tahap Kedua

Bandarlampung- Setelah beberapa hari yang lalu Pemerintah Provinsi Lampung melaksanakan Vaksin pertama di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM), kini Sejumlah tenaga kesehatan di RSUDAM Lampung, mulai dilaksanakan vaksinasi tahap kedua di Gedung Instalasi Rawat Jalan (IRJ), Kamis (21/1/2021).

Wakil Direktur Keperawatan, Pelayanan, dan Penunjang Medik RSUDAM Lampung Mars Dwi Tjahjo mengatakan, pihaknya menerima Vaksin Covid-19 jenis Sinovac dari Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung. Setiap harinya, terdapat 60 tenaga kesehatan yang akan disuntik Vaksin Covid-19 secara bergantian.

“Ini hari pertama kita melaksanakan vaksinasi kepada petugas tenaga kesehatan di RSUDAM Lampung. Ada 60 setiap harinya, yang akan kita lakukan vaksinasi Covid-19, Total ada 1.389 yang sudah terdaftar dalam Sistem Informasi SDM Kesehatan (SI SDMK) dan bekerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes).” Ungkap Mars Dwi Tjahjo

Semua prosedur untuk tahapan vaksinasi ini, sudah disiapkan RSUDAM Lampung seperti syaratnya harus sudah terdaftar sebagai anggota di SI SDMK dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Kemudian proses screaning dengan 16 pertanyaan, untuk mengetahui apakah layak menerima atau tidak vaksin yang akan diberikan.

“Untuk tenaga kesehatan yang sudah melaksanakan vaksinasi, akan dilakukan observasi selama 30 menit untuk melihat pengaruh vaksin Covid-19. Setelah menerima vaksin, petugas belum boleh pulang dan harus berada di ruangan observasi terlebih dahulu selama 30 menit untuk dilihat kondisinya,” ujar Mars Dwi Tjahjo.

Rangkaian Vaksinasi Covid-19 ini, akan dilaksanakan sebanyak dua kali. Untuk tenaga kesehatan yang sudah mendapatkan kartu Vaksinasi Covid-19 pertama, akan kembali disuntik setelah 14 hari (*)

Komentar