oleh

Bawaslu Lamtim Temukan Dugaan Pemalsuan Dukungan Balon Perseorangan Sugiyanto-Masrizal

Lampung Timur – Bawaslu Lampung Timur (Lamtim) mengungkap temuan dugaan pelanggaran pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati jalur perseorangan, Sugiyanto-Masrizal.

Komisioner Bawaslu Lamtim, Winarto, menjelaskan, berdasarkan temuan dari Bawaslu Lamtim terkait dengan dugaan pemalsuan dukungan bakal calon perseorangan. Pada Senin 13 Juli 2020 Bawaslu Lamtim sudah melakukan registrasi terkait dugaan pelanggaran tersebut. Progres hari selanjutnya itu pemanggilan klarifikasi terhadap saksi-saksi termasuk dari unsur Panwaslu Kecamatan PPS dan PKD yang melakukan faktual langsung turun ke calon yang masuk didukungan.

“Hari ini Bawaslu melakukan pemanggilan untuk klarifikasi terhadap LO dan calon perseorangan tersebut atas nama Sugiyanto dengan Masrizal untuk ketemuannya ada dugaan pemalsuan dukungan bakal calon,” kata dia kepada sejumlah awak media di kantornya, Rabu 15 Juli 2020.

Winarto menerangkan, Bawaslu Lamtim telah menyampaikan temuan tersebut kepada instansi terkait untuk segera ditindaklanjuti.

“Untuk hari ini kita sudah melakukan klarifikasi terhadap LO dan bakal calon perseorangan. Untuk besok kita akan meminta keterangan dari saksi ahli dari hasil pemeriksaan ini karena belum selesai ini belum bisa kita simpulkan itu yang memberikan hubungan itu sudah dipanggil sudah hasilnya. Hasilnya mereka tidak mengakui kalau mereka masuk ke dukungan bakal calon perseorangan. Untuk proses ini pidananya dengan ancaman minimal 36 bulan maksimal 72 bulan,” ungkapnya. (*)

Komentar