Begini Cara Pembuatan Kependudukan Online Bagi Warga Lamtim

Lampung Timur – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lampung Timur (Lamtim) memberikan kemudahan dalam pembuatan dokumen bagi masyarakat.
Masyarakat tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil Lamtim apabila ingin mencetak atau memperbaiki kartu keluarga (KK), akte kelahiran, akte perkawinan, dan akte kematian. Kini, semua dokumen kependudukan dan pencatatan sipil cukup didaftarkan dan dicetak melalui online, kecuali KTP dan KIA.

Kabid Aminduk Indra Ghandi mewakili Kadisdukcapil Lamtim Amriadi, mengatakan, proses pembuatan kependudukan ditandatangani secara elektronik itu berdasarkan Permendagri No. 7 Tahun 2019, baik akte kelahiran, KK, akte kematian, dan akte perkawinan.
“Itu tidak perlu dilegalisir, cukup lihat di barode yang ada,” kata Indra Gandi di ruang kerjanya, Senin 6 Juli 2020.

Dia menambahkan, mulai 1 Juli 2020 bahwa dokumen kependudukan dan pencatatan sipil dicetak lewat kertas HVS ukuran A4 80 gram berdasarkan Permendagri No. 109 Tahun 2019.

Indra Gandi menjelaskan, proses pembuatan dokumen secara online untuk akte kelahiran, akte perkawinan, KK, dan akte kematian. Jadi, warga atau pemohon cukup melampirkan nomor handphone aktif dan email pribadi.

Cara pembuatan dokumen online adalah warga mengirimkan pesan ke nomor WhatApp 0821-8105-0857 untuk pendaftaran KK, surat pindah dan surat keterangan. Lalu, nomor 0821-8105-0858 (pendaftaran KTP El dan KIA), serta nomor 0822-8907-3120 (pendaftar akte pencatatan sipil). Namun, berkas asli pemohon diharapkan ditaroh di kantor kecamatan masing-masing pemohon.

“Nanti warga langsung lampirkan dokumen asli di nomor WhatsApp tersebut disertai oleh email pribadi pemohon. Nantinya dokumen diproses di kantor Disdukcapil lalu diteruskan ke pusat. Dari pusat nanti mengirimkan dokumen yang sudah jadi ke email pemohon itu sendiri. Pemohon bisa cetak sendiri atau dicetakin oleh dinas,” paparnya. (*)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email
BACA JUGA:  BKKBN Lampung Adakan, Sosialisasi Pembangunan Karakter ASN