Sekda Provinsi Lampung Ajak Warga Cegah DBD

Bandar Lampung – Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk mencegah penularan penyakit, salah satunya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Hal itu disampaikan Sekdaprov Fahrizal Darminto saat memimpin Upacara Mingguan di Lingkungan Pemprov Lampung, Senin (2/3/2020).

“Pemprov Lampung menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak perlu khawatir dan tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat setiap hari untuk mencegah penularan virus penyakit yang sedang marak terjadi,” ujar Faahrizal.

Menurut Fahrizal, di musim hujan seperti ini penyakit DBD seakan-akan menjadi penyakit langganan.

“Dalam rangka mengantisipasi terjadinya peningkatan kasus DBD, Pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan telah mengimbau kepada seluruh jajaran untuk meningkatkan upaya penggerakan masyarakat dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN),” kata Fahrizal.

Seperti diketahui, DBD disebabkan oleh virus Dengue, ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes.

Oleh sebab itu, untuk mencegahnya dapat dilakukan melalui kegiatan menguras, menutup dan memanfaatkan kembali barang bekas, plus mencegah gigitan nyamuk (3M plus). Hal ini bisa ditempuh dengan cara mengimplementasikan Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik (G1R1J) dan lainnya.

“Untuk menghindari tersebarnya berbagai penyakit yang ada, Pemprov Lampung mengimbau masyarakat selalu menerapkan PHNS dalam kehidupan sehari hari,” jelas Fahrizal. (*)

Facebook Comments
BACA JUGA:  Launching Calender of Event Pariwisata 2020 Meriah, Wagub Nunik Lakukan Gerakan "TikTok" Bersama Masyarakat