oleh

Gubernur Lampung Arinal Raih Penghargaan Umitra Award 2019 sebagai Tokoh Penggerak Pertanian Lampung

Bandarlampung- Terus konsen dan berkomitmen terhadap kemajuan sektor Pertanian, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Raih Penghargaan Umitra Award 2019 sebagai Tokoh Penggerak Pertanian Lampung.

Penghargaan tersebut diterima oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam acara Sidang Senat Terbuka Universitas Mitra Indonesia (Umitra), di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung, Bandarlampung, Rabu (23/10/2019).

Penghargaan Umitra Award 2019 dengan Nomor SK P.67/AU/087/SK/UMITRA/2019 tentang pemberian Umitra Award tahun 2019. Pemberian tersebut diberikan kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi sebagai Tokoh Penggerak Pertanian Lampung. dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II Palembang Prof. Dr. Slamet Widodo sebagai tokoh peningkatan mutu pendidikan tinggi.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi juga menyerahkan penghargaan kepada wisudawan terbaik Universitas Mitra Indonesia (Umitra).

Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan ucapan terima kasih pada Universitas Mitra Indonesiayang terus berkomitmen dalam memajukan pendidikan di Provinsi Lampung, khususnya di bidang Pendidikan Tinggi. “Peran dan fungsi Perguruan Tinggi sebagai sentra pembangunan Sumber Daya Manusia sangat diperlukan. Perguruan tinggi merupakan tempat menggelorakan semangat kuat untuk mengembangkan jati diri calon pemimpin bangsa dan menimba ilmu pengetahuan,” Gubernur Arinal.

Untuk itu, saya mengharapkan kepada Universitas Mitra Indonesia dapat terus berperan aktif memberikan kontribusi positif bagi Pembangunan Sumber Daya Manusia di Provinsi Lampung. “kedepan Pemerintah Provinsi Lampung melalui program kerja yang dimiliki akan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas dunia pendidikan, melalui “Smart School”, yang merupakan jawaban dari tantangan Era Revoulsi Industri 4.0. Selain itu, juga akan direvitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Lampung Mengaji, memberikan insentif khusus kepada para guru honorer, guru mengaji, Kabupaten/ Kota se-Provinsi Lampung,” jelasnya.

Lebih lanjut, dengan diwisudanya para wisudawan dari berbagai disiplin ilmu, merupakan modal dasar yang besar dalam pembangunan daerah yang memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas. “Banyak potensi di setiap sudut Provinsi ini yang belum diolah maupun dieksploitasi oleh tangan – tangan terampil. Diperlukan pemikiran yang cerdas dan para wisudawan untuk mewujudkan serta memajukan Provinsi Lampung. Begitu banyak sektor-sektor unggulan yang dapat mengangkat Provinsi Lampung di kancah Nasional maupun Internasional, antara lain: sektor pertanian, perdagangan, pariwisata, industri dan lain-lain,” jelas Gubernur Arinal.

Sektor-sektor unggulan tersebut, jelas Gubernur Arinal, sudah mulai saya lakukan, seperti dari sisi sektor pertanian melalui Kartu Petani Berjaya. “Konsep yang saya lakukan ini diharapkan akan menjadi solusi kedepan bagaimana petani Indonesia akan lebih mudah mendapatkan sarana produksinya, akan lebih mudah mendapatkan permnodalan, menjamin harga jual menguntungkan bagi petani. Paling tidak Lampung Startnya lebih awal,” jelas Gubernur Arinal.

Dari sisi sektor Pariwisata, jelasnya, kita juga akan membangun destinasi wisata terpadu di kawasan Bakauheni seperti Nusa Dua, Bali. “Jadi nantinya tidak perlu lagi ke Bali maupun ke Luar Negeri, karena Lampung akan memiliki keindahan wisata tersebut. Begitupun juga dengan sektor lainnya,” jelasnya.

Untuk itu, Gubernur Arinal mengajak seluruh Wisudawan untuk bersama-sama membangun Lampung. “Membangun Lampung tidak dapat saya lakukan sendiri. Oleh karena itu, kehadiran adik-adik sebagai SDM cerdas harus mengambil peran dalam membangun dan memajukan Lampung,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, Gubernur Arinal mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati sejak dikukuhkannya gelar Magister, Sarjana dan Ahli Madya pada hari ini. “saya berpesan untuk membulatkan tekad demi menjadi generasi penerus yang berkualitas dan profesional melalui kemampuan menerapkan keahlian bagi kemajuan daerah, bangsa dan negara,” pesannya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II, Slamet Widodo, menyampaikan rasa bangga atas kehadiran Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam acara sidang senat terbuka Umitra. “Baru kali ini saya datang pada acara wisuda dengan jumlah wisudawan banyak, dan langsung dihadiri Gubernur. Untuk itu, saya sangat mengapresiasi dan bangga atas kehadiran Gubernur Lampung,” jelasnya.

Lanjut, Slamet menjelaskan bahwa LLDIKTI Wilayah II merupakan lembaga layanan pendidikan tinggi yang meliputi bangka belitung, Sumatera Selatan, Lampung dan Bengkulu. LLDIKTI memiliki tugas damalam melakukan pembinaan terhadap perguruan tinggi dan swasta mewakili Menristekdikti. “Terkait perkembangan pendidikan tinggi di Provinsi Lampung, khususnya S3 merupakan yang terbanyak diwilayah LLDIKTI Wilayah II,” jelas Slamet.

kepada wisudawan, Slamet berpesan dan mengajak untuk terus semangat, bekerja keras, dan inovatif sehingga dapat berperan dalam membangun dan memajukan provinsi Lampung. “Raihlah kesuksesan dengan terus bekerja keras, semangat, inovatif. Sehingga dapat berperan dalam membangun dan meajukan Lampung,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Mitra Lampung, Andi Surya menyampaikan ungkapan senang dan bangga karena Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dapat hadir langsung dalam acara sidang senat terbuka Umitra. “Dan kepada 596 wisudawan, saya mewakili seluruh jajaran yayasan Umitra mengucapkan selamat wisuda, semoga menjadi orang yang berguna dan terbaik dalam membangun dan memajukan Provinsi Lampung,” jelasnya.

Lanjutnya, Wisuda kali ini juga berbeda karena tahun ini Umitra menganugerahkan kepada tokoh-tokoh yang telah menunjukkan tauladan, prestasi kepada bangsa dan negara, salah satunya diberikan kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi sebagai Tokoh Penggerak Pertanian Lampung. “Gubernur Arinal mendapatkan penghargaan tersebut karena memiliki program yang luar biasa melalui Kartu Petani Berjaya dengan empat keunggulan yaitu permodalan, pupuk, asuransi, dan beasiswa,” jelas Andi.

Untuk itu, Andi beserta jajaran Umitra siap mendukung Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya. (*)

Komentar