oleh

8 Program Abdul Hakim, Menuju Lampung Dengan Semangat Ampang Pungu

Bandarlampung-Dalon DPD RI dapil lampung, Abdul Hakim janjikan 8 program utama, 8 program pendukung dan 22 program terapan yang dikemas dalam sebuah buku KH. Ir. Abdul Hakim, MM. Bertajuk Menuju Lampung dengan semangat ampang pungu, gerakan turun tangan membangun lampung sejahtera daerahnya, bahagia rakyatnya.

Hal itu terungkap saat bincang bedah buku tersebut yang digelar di Rumah makan Garuda, Bandarlampung, Kamis (14/2)

Menurut Abdul Hakim 8 program utama itu adalah infrastruktur jalan, infrastruktur perairan, infrastruktur pertanian, penurunan angka kemiskinan, pemuda dan olahraga, pendidikan peningkat mutu, pariwisata Go Global dan sumber daya manusia/ tenaga kerja terampil.

Sedangkan 8 program pendamping yakni layanan pengobatan dan kesehatan untuk keluarga tidak mampu, yakni 1 kecamatan 1 mobil kesehatan, pendidikan gratis sejak jenjang SD hingga SMA dan subsidi untuk jenjang perguruan tinggi, kemudian jaminan pekerjaan berpendapatan layak untuk setiap kepala keluarga, perumahan sebagai salah satu hak dasar warga provinsi Lampung sampai 22 rumah/tahun/desa, jaminan perawatan dan fungsi bendungan dan irigasi di seluruh lampung, 90 persen bendungan difungsikan, studi lapangan ke Thailand untuk kelompok tani yang unggul, jaminan kemudahan dalam pengurusan administrasi kependudukan, gaji untuk guru ngaji dan Marbot, guru honorer sesuai jam kerja. Serta 22 program terapan.

Saat berbincang dengan media, dia mendukung semakin banyak bendungan untuk penampungan air dibangun di provinsi Lampung, karena ketika saat musim hujan, air itu tidak langsung ke lautan.

“Membiarkan air lebih lama di darat itu lebih baik, bukan langsung ke laut. Maka kami mendorong semakin banyak pembangunan bendungan di provinsi ini,“ terangnya

Menurutnya, Pembangunan bendungan dan embung penampungan air itu adalah satu jawaban untuk pertanian, agar menghasilkan kualitas yang baik dari pertanian, karena saat ini air hujan tidak ditampung di darat, sedangkan debit air hujan itu sangat besar, oleh sebab itu program pembangunan embung itu penting.

Kemudian terkait dengan program sanitasi lingkungan di Lampung yang kian parah, Mantan anggota DPR RI itu menyebutkan semua pihak harus ampang pungu (ringan tangan).

“Semua program ini harus ampang pungu. Sanitasi adalah kultur, masih banyak yang belum direalisasi kan ,oleh karena itu program sanitasi harus dilakukan dan bergandengan tangan dari semua pihak, “ katanya.

Disinggung terkait dengan dia berjanji akan mendorong pemberian gaji bagi Marbot guru ngaji, sementara tidak memasukan agama lainnya, dia mengaku akan menambahkan program tersebut.

“Ini semua bukan untuk 1 golongan Tapi untuk semua anak bangsa , dari semua kepercayaan yang ada di Indonesia,“ tandasnya.

Komentar