Media Pembelajaran Fisika Berbasis AI, Solusi atas Perkembangan Teknologi

Bandar Lampung – Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) mengadakan Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Artificial Intellegence (AI). Workshop ini diikuti oleh 36 mahasiswa semester 4 dan dosen Prodi Pendidikan Fisika.

Workshop yang berlangsung di Meeting Room Lt.1 Gedung Academic & Research Center selama dua hari, 13-14 Juni 2024, bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi calon pendidik yang responsif terhadap perkembangan teknologi di era digital, khususnya dalam penggunaan media pembelajaran berbasis AI.

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FTK yang diwakili oleh Wakil Dekan I FTK Prof Dr H Deden Makbuloh MAg. Dalam sambutannya ia menyampaikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan workshop ini. Ia mengatakan bahwa workshop ini sejalan dengan pilar digitalisasi yang diusung oleh UIN Raden Intan Lampung.

Prof Deden berharap, workshop ini dapat membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk membuat media pembelajaran fisika berbasis AI yang menarik dan efektif.

Hal senada disampaikan Kepala Prodi Pendidikan Fisika UIN Raden Intan Lampung, Sri Latifah MSc, ia berharap calon pendidik dapat menjadi penggerak dan pelopor dalam pembuatan media pembelajaran berbasis AI.

Adapun narasumber yang dihadirkan yaitu Agung Ade Yulianto MPd, Instruktur Nasional Multimedia Mahardika Indonesia.

Workshop ini diisi dengan materi tentang konsep dasar AI, aplikasi AI dalam pendidikan, dan praktik pembuatan media pembelajaran fisika berbasis AI. Para peserta workshop tampak antusias mengikuti materi dan praktik yang diberikan.(*)

banner 250250

Komentar