PSGA Bekali Duta Konselor Antisipasi Kekerasan Seksual

Bandar Lampung – Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) selenggarakan pembekalan dan pelatihan bagi Duta Konselor Sahabat Unit Layanan Terpadu (ULT) di Ruang Seminar Lt.3.

Kegiatan ini diikuti 30 peserta yang berhasil terpilih sebagai Duta Konselor angkatan ke-2 dalam mengantisipasi kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi.

Mereka terpilih usai perekrutan tahapan seleksi berkas serta tes yang dilakukan oleh Tim Psikolog UIN Raden Intan Lampung.

Ketua PSGA, Dr Hj Suslina Sanjaya MAg, menerangkan, para peserta akan dibekali materi terkait dengan bagaimana mengatasi dan menangani kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi oleh beberapa narasumber. Kegiatan akan berlangsung selama dua hari, 18-19 April 2024.

“Setelah ini (pembekalan) akan tetap kita (PSGA) dampingi. Ada 12 konselor dewasa dan pada saatnya nanti para duta konselor ini dilibatkan dalam membantu kegiatan-kegiatan penanganan kasus kekerasan seksual,” ujarnya, Kamis (18/04/2024).

Pembekalan tersebut menghadirkan pemateri diantaranya, Aira Darmayanti Duarsa SH dari UPTD PPA Provinsi Lampung dengan materi Langkah-langkah dalam Penanganan Kasus Seksual di Perguruan Tinggi.

Tidak hanya penjelasan materi saja, tetapi terdapat juga simulasi penanganan kasus dan diskusi serta tanya jawab dalam sesi tersebut.

Kemudian penyampaian materi selanjutnya diberikan oleh Lembaga Advokasi Perempuan yang menjelaskan materi tentang Tahapan-tahapan dalam Mengkonseling Korban Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi. Serta, narasumber Asep Robinson SH dari Forum Perlindungan Korban Kekerasaan (FPKK) dengan materi Pelatihan dalam Penanganan Kasus Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi. (*)

banner 250250

Komentar