Buka Konferwil Ikatan Notaris Indonesia Lampung, Gubernur Arinal Ajak Para Notaris Berkontribusi dalam Bidang Hukum dan Kembangkan Ekonomi di Pedesaan

Bandar Lampung – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak Pengurus Wilayah (Pengwil) Lampung Ikatan Notaris Indonesia (INI) terus berkontribusi dalam membangun Provinsi Lampung, baik pada bidang hukum dan ikut serta dalam pengembangan ekonomi lokal di pedesaan.

Hal itu disampaikan Gubernur saat membuka Konferensi Wilayah (Konferwil) Lampung INI di Grand Mercure Lampung, Kamis (11/1/2024).

Arinal mengatakan sebagai rumah bersama, INI bukan hanya sekadar organisasi profesi, tetapi menjadi tempat berkumpulnya para pencerah dan pengayom bagi masyarakat terutama yang menyangkut kepastian hukum atas kepemilikan tanah.

Menurutnya, para notaris memiliki tanggung jawab besar dalam menyusun akta-akta yang menjadi dasar pembuatan sertifikat tanah.

“Keahlian notaris dalam memastikan kelengkapan dokumen dan keabsahan transaksi properti sangat krusial untuk menjamin keamanan hukum bagi para pemilik tanah,” ujar Arinal.

Ia menjelaskan notaris bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) memiliki tanggung jawab yang sejalan dalam menciptakan keamanan dan ketertiban dalam kepemilikan tanah di masyarakat.

Ia meminta agar bersama didalam membangun fondasi hukum yang kuat dan terpercaya dalam kepemilikan tanah di wilayah Lampung.

“Saya ingin menekankan bahwa kerjasama yang erat antara Notaris dan BPN sangatlah penting untuk menghindari potensi konflik pertanahan,” katanya.

Disisi lain, Arinal menyebut Pemerintah Provinsi Lampung memiliki berbagai program dan kebijakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Menurutnya, profesi notaris menjadi salah satu yang memiliki peran strategis dalam transaksi properti dan kegiatan ekonomi lainnya.

“Saya mengajak para notaris untuk turun langsung ke desa-desa di wilayah kita. Mengapa demikian? Karena kehadiran para notaris di tingkat desa dapat memberikan dampak positif yang besar terhadap pengembangan ekonomi lokal,” ujarnya.

Ia meyakini bahwa partisipasi aktif para notaris di tingkat desa akan memberikan kontribusi positif yang besar terhadap pembangunan ekonomi pedesaan.

“Mari INI kita sinergi, optimalkan pembangunan di Provinsi Lampung,” katanya.

Selain itu, Arinal berharap INI juga dapat memberikan kemudahan akses petani dalam berkonsultasi dengan notaris.

“Saya mendorong para notaris untuk lebih proaktif dalam┬ámemberikan pelayanan dan konsultasi hukum kepada para petani, baik melalui kegiatan sosial, pertemuan di tingkat desa, maupun melalui inisiatif lain yang dapat meningkatkan aksesibilitas notaris bagi masyarakat agraris,” katanya.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua Umum INI Pusat Irfan Ardiansyah, Ketua Pengwil Lampung INI Zul April dan Kasubbidsunluhkum Polda Lampung AKBP Fadzrya Ambar.

Sementara itu, Ketua Pengwil Lampung INI Zul April mengatakan pihak mendukung program-program Pemerintah Provinsi Lampung seperti Smart Village dan Kartu Petani Berjaya.

“Dengan semangat untuk menjadikan Lampung Berjaya kita support kegiatan Provinsi Lampung. Apa yang memang dibutuhkan untuk pembangunan di Provinsi Lampung, kita Pengurus Wilayah Lampung INI siap mensukseskan program Pemerintah Provinsi Lampung,” ujar Zul.(*)

banner 250250

Komentar