oleh

Pemprov Lampung ikuti Webinar Sosialisasi IO dan IRO Tahun 2016

Bandar Lampung – Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, M.A. hadir dan memberikan sambutan pada acara Sosialisasi tabel IO (Input- Output) dan Tabel IRO (Inter Regional Input Output) tahun 2016 dengan tema mendorong sektor unggulan Lampung dalam menyukseskan Rakyat Lampung Berjaya secara Virtual, bertempat diruang Command Center Diskominfotik, Kamis, (23/09).

Dalam sambutan yang dibacakan Sekdaprov. Lampung, Gubernur Lampung menyampaikan bahwa visi provinsi Lampung tahun 2019-2024 adalah Rakyat Lampung Berjaya yang merupakan cita – cita mulia pemerintah provinsi Lampung dalam upaya mewujudkan rakyat Lampung yang aman, berbudaya, maju, berdaya saing dan sejahtera, ‘ ungkapnya.

Dalam konteks ekonomi, visi Rakyat Lampung Berjaya dimanifestasikan dalam misi ke 4 yaitu mengembangkan infrastruktur guna meningkatkan efisiensi produk dan konektivitas wilayah. Misi ke 5 yaitu membangun kekuatan ekonomi masyarakat berbasis pertanian dan misi ke 6 yaitu mewujudkan pembangunan daerah berkelanjutan untuk kesejahteraan beesama,” terangnya.

Dari segi geografis, Provinsi Lampung diuntungkan dengan letak wilayah yang strategis, dari sisi sumber daya manusia (SDM) juga memiliki kekuatan jumlah penduduk dan tenaga kerja yang menjanjikan

Dari sisi Sumber Daya Alam (SDA) , Provinsi Lampung memiliki potensi pertanian, perindustrian, perdagangan serta potensi lain seperti pariwisata yang potensial dan semakin dikenal.

“Dengan adanya Webinar ini saya berharap akan menambah wawasan kita terutama bagi para perencana untuk menambah amunisi baru dalam menyusun perencanaan pembangunan dengan mendalami tabel IO dan tabel IRIO ini,” ungkapnya.

Menjelang akhir maret 2020, Indonesia ikut diguncang pandemi Covid-19. Efek domino nya, Lampung juga ikut terdampak, baik dari sisi kesehatan maupun dari sisi ekonomi.

Gubernur berharap dengan di launching nya tabel IO dan tabel IRIO tahun 2016 dapat membantu dalam penguatan perencanaan pembangunan, sehingga dapat diketahui sektor mana yang bisa di tekan dan sektor mana yang potensial untuk dikembangkan.
BACA JUGA: Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19, Pemkab Lampura Adakan Rakor.

Kegiatan dihadiri Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik, Moh. Edy Mahmud, S.Si, M.P, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung, Faizal Anwar, Kepala Bappeda Provinsi Lampung, Karo Perekonomian dengan Narasumber Dekan FEB Unila, Dr. Nairobi, SE. M.Si, Kepala Bappeda Provinsi Lampung, Ir. Mulyadi Irsan, M.T, dan Tim Penyusun Tabel IO dan IRIO Nasional, Diana Bhakti, S.ST, SE, M.Si serta dimoderatori oleh Ketua Jurusan Agribisnis Unila, Dr. Teguh Endaryanto, S.P, M.Si. (*)