oleh

Strategis Sebagai Media Belajar Anak Luar Ruang, SD Aisyiyah Kalianda Kunjungi Kebun Edukasi

KALIANDA – Siswa Sekolah Dasar (SD) Aisyiyah Kalianda mengunjungi Kebun edukasi yang terletak dibelakang rumah dinas bupati Lampung Selatan, Rabu (7/4/2021).

Kepala SD Aisyiyah Kalianda, Roy Kasmarin, mengatakan kunjungan tersebut dilakukan sebagai bentuk media pembelajaran, guna mengenalkan lingkungan alam sekitar kepada peserta didik secara langsung.

“Sebenarnya ini program rutin dari SD Aisyiyah Kalianda, namanya Outing Class, jadi belajar diluar, nah kita lihat di Kebun edukasi ini banyak pembelajaran untuk anak-anak khususnya anak SD,” kata Roy kepada tim ini.

Roy juga mengatakan, Kebun edukasi Lampung Selatan mempunyai fasilitas yang terbilang lengkap dan cocok sebagai media pembelajaran diluar kelas. Mulai dari tanaman, hewan, serta playground.

Tentunya, hal ini dapat menambah semangat serta minat peserta didik, dalam menyerap ilmu pembelajaran yang diberikan oleh pendidik secara langsung.

“Banyak tanaman, ada hewan-hewan juga. Jadi, kita mengajarkan beberapa materi di dalam kelas dan kita praktekkan diluar. Jadi kami melihat ada tempat wisata baru, ternyata ini bagus juga untuk anak-anak kita, mengajarkan sesuatu yang memang nyata,” katanya lebih lanjut.

Selain melatih kemandirian anak, lanjut Roy, pembelajaran diluar kelas juga dapat menambah wawasan anak terutama mengenai dunia bercocok tanam.

Seperti cara menanam tanaman, merawat tanaman, hingga manfaat tanaman bagi tubuh dan lingkungan.

“Kita sering ajak mereka keluar, agar ada keterkaitan antara pembelajaran yang diajarkan dikelas dengan alam yang sesungguhnya,” jelasnya.

Roy berharap kedepannya Kebun edukasi Lampung Selatan dapat dilengkapi dengan lebih banyak varian tumbuhan serta hewan, sehingga kedepan Kebun edukasi dapat menjadi sumber pembelajaran peserta didik dengan media yang konkret.

“Karena ini masih tahap pembangunan juga ya, kedepannya saya berharap jenis tanamannya dapat dilengkapi, jenis hewannya pula, lebih banyak varian,” harapnya.

Berdasarkan pantauan tim ini, terlihat beberapa sekolah lain turut mengunjungi kebun edukasi Lampung Selatan, mulai dari Siswa Paud, TK, maupun SD. (*)

Komentar