oleh

Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan BPKP Lampung, Pemprov Dorong Optimalisasi BPKP agar Pemerintah Kabupaten/Kota Raih Opini WTP

BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Provinsi Lampung mendorong optimalisasi peran Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Lampung agar Pemerintah Kabupaten/Kota dapat meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) saat membuka acara pengukuhan dan serah terima jabatan Kepala BPKP Perwakilan Lampung Kisyadi S.E, M.Si kepada Kepala BPKP yang baru yaitu Sumitro, S,E, M.M, di Gedung Pusiban, Kantor Gubernur Lampung, Jumat (23/10/2020).

“Agar BPKP berperan optimal supaya Kabupaten/Kota dalam mengelola keuangan dan administrasinya dapat meraih opini WTP. Hingga saat ini, terdapat 2 Kabupaten yang (Kabupaten Mesuji dan Kabupaten Lampung Utara),” ujar Nunik.

Menurut Nunik, masih diperlukan perbaikan tata kelola pemerintahan yang baik, seperti kapabilitas APIP, Maturitas SPIP, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Indeks Penyelenggaraan Pemerintah Daerah hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan sebagainya. Semua perlu ditingkatkan bersama pemerintah daerah sebagai mitra BPKP.

“Peran BPKP juga sangat diharapkan dalam upaya mengawal akuntabilitas program- program Pemerintah Pusat yang ada di wilayah provinsi Lampung. Program-program tersebut antara lain peningkatan infrastruktur, program ketahanan pangan, program-program di bidang kesehatan serta program penyiapan SDM Unggul. Kesemua itu tentunya demi peningkatan pertumbuhan ekonomi secara nasional,” ujar Nunik.

Nunik berharap kehadiran BPKP dirasakan manfaatnya bagi Pemerintah Provinsi Lampung, sesuai semboyan BPKP yaitu hadir dan bermanfaat.

Pada kesempatan itu Nunik juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kisyadi atas kerjasamanya selama ini yang telah bersinergi dan mengawal laporan keuangan di Provinsi Lampung.

“Semoga lebih sukses di tempat kerja yang baru dan menyambut dengan hangat kepada Sumitro, sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung yang baru dengan harapan dapat bekerjasama dalam pembangunan Lampung ke depan,” kata Nunik.

Nunik juga mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas di wilayah Sai Bumi Ruwa Jurai kepada Sumitro. “Semoga kehadiran bapak dengan pengalaman bertugas selama ini, akan memberikan warna, semangat serta motivasi baru dalam penyelesaian tugas-tugas di Provinsi Lampung,” ujarnya.

Nunik menambahkan, jabatan yang diberikan selain patut disyukuri, juga harus dapat dijaga dan diimbangi dengan prestasi, kejujuran dan keikhlasan dalam bekerja.

Sebab dalam rangka menciptakan tatanan kepemerintahan yang baik, diperlukan adanya penempatan aparatur yang disesuaikan dengan kebutuhan organisasi pemerintah, sehingga dengan adanya promosi dan pergantian posisi jabatan struktural adalah suatu hal yang biasa dan wajar. (*)

Komentar