oleh

Winarni Akhiri Roadshow Swasembada Gizi di Kecamatan Way Sulan

WAY SULAN – Duta Swasembada Gizi, Hj. Winarni Nanang Ermanto lakukan roadshow Program Pencegahan Stunting diseluruh Kecamatan di Lampung Selatan.

Bertempat di kecamatan Way Sulan, Bunda Winarni melakukan lawatan terakhirnya dalam sosialisasi Program Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan, Senin (31/8/2020)

Turut mendampingi pada roadshownya, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Yani Thamrin, Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA) Anas Ansori, Direktur RSUD Bob Bazar Media Apriliana, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Way Sulan, Kabid PAUD Dinas Pendidikan Ahmadin, Kabid Bina Kesehatan Keluarga Devi Arminanto, para Kepala Desa (Kades) dan Ketua TP PKK se-Kecamatan Way Sulan.

Bunda Win (sapaan Winarni Nanang Ermanto) menjelaskan bahwa Stunting merupakan gagalnya tumbuh kembang pada anak yang disebabkan mulai dari sejak dalam kandungan, “Stunting disebabkan gagalnya tumbuh kembang pada anak sejak dalam kandungan yang diakibatkannya kekurangan gizi (gizi buruk), stunting tidak bisa diubah jika usia bayi lebih dari 2 (dua) tahun,” Katanya.

“Sebagai orang tua, kita harus memperhatikan pertumbuhan anak dari Nol bulan dalam kandungan sampai 1000 hari atau 2 tahun. Tidak akan tuntas stunting di Lampung Selatan Tanpa kepedulian kita bersama, untuk itu program swasembada Gizi ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat,” ujar Winarni dalam sambutannya.

Winarni juga menjelaskan 5 Layanan dalam Program Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan yang perlu kita ketahui bersama, yakni :

Layanan KIAK (memastikan Ibu hamil mendapatkan layanan Kesehatan yang berkualitas di 1.000 hari kehidupan dan melahirkan di fasilitas kesehatan),
Layanan Gizi (seluruh Desa menyediakan Konsultasi Gizi di Posyandu dan memastikan masyarakat mengkonsumsi Gizi Seimbang),
Layanan Air Minum dan Sanitasi (memastikan masyarakat mengkonsumsi air minum yang sehat dan berkualitas serta memastikan masyarakat memiliki jamban sehat),
Layanan Sosial (dukungan Ekonomi Mandiri serta menggerakkan Kepedulian Sosial),
Layanan PAUD (mengedukasi para orang tua dan anak didik PAUD untuk berprilaku Gizi Seimbang serta menyediakan Makanan Bergizi di setiap layanan PAUD).
Pada kunjungannya di Desa Mekar Sari, Winarni bersama Kadis PP dan PA, Koordinasi Wilayah (Korwil) Dinas Pendidikan Way Sulan, Forkopimcam Way Sulan, para Kades dan Ketua TP PKK se-Kecamatan Way Sulan sepakat menandatangani Komitmen Bersama Penyelenggaraan Program Swasembada Gizi di Kecamatan Way Sulan.

Komitmen bersama tersebut berisikan antara lain:

Memastikan Tidak terjadinya Stunting di Kecamatan Way Sulan,
Memastikan Sumber Daya Manusia Sehat, Cerdas dan Berdaya Saing,
Memastikan Tidak Terjadi Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak.

Selanjutnya Bunda Winarni menyempatkan diri mengunjungi Posyandu-posyandu yang ada di Kecamatan Way Sulan, dan memberikan Vitamin Tambahan bagi Bayi di Bawah Lima Tahun (Balita), dilanjutkan meresmikan Pos Kesehatan Desa setempat. (*)

Komentar