Pelayanan Laboratorium Klinik di RSUDAM

Bandarlampung – RSUD Dr H Abdul Moeloek Provinsi Lampung merupakan rujukan tertinggi di Provinsi Lampung dan berdasarkan surat Keputusan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI No. HK.02.02/I/1875/2019 pada tanggal 13 Mei 2019 tentang Tentang Izin Operasional Rumah Sakit Umum Daerah Dr H Abdul Moeloek Lampung Sebagai Rumah Sakit Umum Kelas A, dan sesuai dengan SK No SERT/486/XII/2016 pelayanan yang diberikan RSUD Dr H Abdul Moeloek sebagai RS Terakreditasi paripurna. Jum’at , (26/06/20).

Menurut Kepala Instalasi Laboratorium Patologi Klinik dokter Spesialis Patologi Klinik Dr.dr. Hidayat, SpPK. RSUD Dr. H Abdul Moeloek berperan aktif guna mewujudkan visi Gubernur Lampung “Rakyat Lampung Berjaya” antara lain melalui kegiatan Instalasi Penunjang Medik, seperti Instalasi Laboratorium Patologi Klinik, Instalasi Laboratorium Patologi Anatomi, Instalasi Farmasi, Instalasi Radiologi, Instalasi Rehabilitasi Medik, Instalasi Forensik, Instalasi Medical Check Up, Instalasi Gizi dan Instalasi Forensik.

“Keberadaaan Instalasi Laboratorium Patologi Klinik RSUD Dr. H Abdul Moeloek sangat besar perannya dalam penegakan diagnose sehingg aterapi yang sesuai dapat diberikan segera dengan harapan pasien cepat sembuh dan dengan demikian lama tinggal di rumah sakit dapat dipersingkat.”ungkapnya

Dilanjutkannya, pelayanan tersebut guna memudahkan para dokter spesialis. Pelayanan di Instalasi Laboratorium Patologi Klinik diberikan oleh 2 (dua) orang dokter Spesialis Patologi Klinik dan 40 orang ATLM ( Ahli Teknologi Laboratorium Medik) yang bekerja selama 24 jam setiap harinya guna menunjang pelayanan paripurna di RSUDAM Selain internal RSUDAM.

“Instalasi Patologi Klinik RSUDAM juga melayani pemeriksaan laboratorium dari luar rumah sakit / rujukan partial dari fasilitas kesehatan lain berdasarkan perjanjian kerjasama Selain pemeriksaan hemaotologi, kimia dan urinalisa rutin, beberapa pemeriksaan lain dapat juga dilakukan, mengakomodir jenis pelayanan yang diberikan di RSUD Dr H Abdul Moeloek seperti pemeriksaan penunjang pelayanan kateterisasi jantung, pemeriksaan kanker, pemeriksaan narkoba, dll.”jelasnya.

BACA JUGA:  Pelayanan CT SCAN di RSUDAM Provinsi Lampung

Sebagai rumah sakit rujukan provinsi, Masih dengan Dr. Hidayat, kerjasama dengan Kementerian Kesehatan telah dilakukan sejak lama. Alat pemeriksaan viral load untuk mendeteksi HIV serta Gene Xpert untuk mendeteksi Tuberkulosa ResistenObat (TB MDR) diberikan oleh Kementerian Kesehatan dalam rangka mendukung program Pemerintah menurunkan angka kesakitan HIV dan TB MDR.

“Viral Load yang merupakansatu – satunya di Provinsi Lampung ini dapat juga difungsikan untuk pemeriksaan Covid-19. Demikian juga dengan Gene Xpert yang dapat juga difungsikan untuk pemeriksaan Covid-19.”jelasnya

Alat – alat yang terdapat di InstalasiPatologiKlinik RSUDAM saat ini adalah :

3 unit alathematologi yang terdiridari 3 diff dan 5 diff untuk pemeriksaan darah lengkap
1 unit alat urinalisa
1 unit alat kimia klinik
2 unit alat imunologi
1 unit alat pemeriksaan elektrolit
1 unit alat analisa gas darah
1 unit alat Gene Xpert
1 unit alat Viral Load
1 unit alat PCR danekstaksi PCR.

“Dalam masa tanggap darurat Covid-19, Instalasi Laboratorium Patologi Klinik berperan cukup besar dalam membantu melakukan penapisan ODP dan PDP. Tindakan swab dilakukan terdapat ODP / PDP untuk kemudian dikirimkan keLitbangkes melalui Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. Selain itu tindakan rapid test diberikan kepada pasien yang dirawat atau akan dilakukan tindakan serta kepada petugas yang kontak erat dengan ODP /PDP sehingga memberikan rasa aman petugas dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Melalui dana DAK 2020 yang diusulkan sejak tahun 2019, telah diadakan alat PCR Real Time beserta alat ekstraksinya. “Paparnya Jumat (26/06)

Pengadaan alat tersebut dimaksudkan, kata Dr. Hidayat , untuk pemeriksaan Hepatitis danThalasemia serta pemeriksaan lain. Namun saat ini, pemanfaatan alat in ilebih besar untuk penegakan diagnose Covid-19. Sejak bulan Juni 2020, dengan diberikannya password (allrecord) oleh Litbangkes, serta pengiriman reagen PCR dan ekstraksi yang dilengkapi dengan VTM, Laboratorium Patologi Klinik RSUDAM dapat melakukan pemeriksaan Covid-19 bersama dengan Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Lampung

BACA JUGA:  Jokowi Setuju Korban Tsunami Direlokasi, Pemprov dan Pemerintah Pusat Siapkan 600 Unit Rumah Huni

“Untuk memberikan layanan terbaik, Instalasi Laboratorium Patologi Klinik melakukan inovasi. Pemenuhan peralatan laboratorium dilakukan melalui dana Subsidi Pemda Provinsi Lampung, dana DAK dan BLUD, selain untuk memenuhi tuntutan pemeriksaan yang makin beragam, juga untuk memenuhi kebutuhan dalam pendidikan. Kedepan, akan didirikan Layanan Terpadu Laboratorium dimana semua pemeriksaan baik patologi klinik, patologi anatomi maupun mikrobiologi akan berada dalam 1 gedung sehingga mempermudah pemberian layanan terhadap pasien. Sebagai penunjang akan dibangun juga pneumatic tube untuk efisiensi pelayanan.Tandasnya (*)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email