Terkait Virus Corona, Mukhlis Basri: Tetap Waspada Tetapi Jangan Terlalu Panik

Bandarlampung- Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDIP Mukhlis Basri mengimbau masyarakat untuk tidak panik menanggapi fenomena virus Corona.

“Masyarakat jangan terlalu panik, tetapi tetap waspada. Yang terpenting selalu jaga kesehatan, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” Ungkap mantan Bupati dua periode ini Sabtu (14/02)

Menurutnya, dalam mengantisipasi virus tersebut Masyarakat harus lebih aktif dalam menjaga kebersihan, baik itu kebersihan makanan, maupun kebersihan tubuh, dengan cara mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan aktifitas.

“Untuk kita yang umat Islam, sehari hari memang sudah kita lakukan, sholat 5 waktu berarti kita mencuci tangan sudah lima kali, belum lagi ketika mandi 2 kali, belum lagi ketika sehabis makan. Artinya kita sudah melakukan mencuci tangan 9 kali dalam sehari.”jelasnya

Untuk itu, dikatakannya, ketika menghadapi virus ini jangan langsung terlalu takut atau panik, tetapi tetap mewaspadai dengan cara pola hidup sehat, dangan memakan makanan yang bergizi. Seperti buah-buahan dan sayuran tetapi jangan makan makanan sembarangan.

“Jika ada yang sakit terus berobat kerumah sakit, jangan asal memvonis. Lihat gejalanya dulu sampai 14 hari, waspada boleh, tetapi jangan buat orang lain ketakutan dan menyebabkan panik,” pungkasnya

Mukhlis pun berpesan, untuk pemerintah baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/kota. Agar menginterupsikan jajaran untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat agar selalu waspada dan tidak panik.

“Karena pengurus tingkat desa, baik kades, kadus, pratin, RT/RW memiliki peran penting dalam membantu mencegah penyebaran virus corona.”tandasnya (*)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email
BACA JUGA:  Pemprov Gelar Rapat Koordinasi Daerah Dalam Rangka Sensus Penduduk Online 2020