Timba Ilmu, Pemkab Rejang Lebong Kunjungi Pemkab Lamsel

Lampung Selatan- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pemkab Lampung Selatan.

Rombongan Pemkab Rejang Lebong yang dipimpin Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) H. Asli Samin, terdiri dari Bappeda, Dinas Kepedudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Kesehatan, dan Rumah Sakit Umum Daerah setempat.

Kedatangan mereka diterima Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Lampung Selatan, Supriyanto, di Aula Krakatau Pemkab Lampung Selatan, Selasa (25/2/2020).

Kunker Pemkab Rejong ke Kabupaten Lampung Selatan ini untuk menggali informasi dan menimba ilmu tentang program Layanan Kependudukan Online dan Terapi Sentuh Sentrik.

Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra, Supriyanto menyambut baik kunjungan tersebut. Dia berharap, melalui kegiatan itu dapat menjadi sarana tukar menukar informasi yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja di daerah masing-masing.

“Ini menjadi kebanggaan bagi kami. Artinya Kabupaten Lampung Selatan memiliki daya tarik yang membuat orang ingin mempelajari, menggali serta mengkaji lebih mendalam mengenai Kabupaten Lampung Selatan,” ujar Supriyanto dalam sambutannya.

Lebih lanjut Supriyanto menjelaskan, Disdukcapil Kabupaten Lampung Selatan memiliki program inovasi pelayanan kependudukan bernama Pakde dan Pake Oli.

Pakde merupakan program jemput bola ke desa-desa yang telah berjalan sejak tahun 2018. Dimana tim dari Disdukcapil akan melakukan pelayanan ke desa-desa.

Sedangkan Pake Oli, yaitu pelayanan administrasi kependudukan secara online. Dengan Pake Oli, masyarakat dapat mengurus dan membuat dokumen kependudukan secara online.

Selain itu kata Supriyanto, Kabupeten Lampung Selatan juga memiliki program Terapi Sentuh Sentrik atauTersentuh Sentrik Stimulasi Somatosensorik atau yang menjadi salah satu program andalan di RSUD Bob Bazar SKM Lampung Selatan.

Program tersebut merupakan terapi untuk anak dengan gangguan tumbuh kembang. Dan sudah berjalan sejak tahun 2014.

“Dua program ini merupakan program inovasi unggulan pro rakyat. Dan alhmadulillah, dua program ini mendapatkan penghargaan Kompas Gramedia Award yang dilaksanakan pada 3 Oktober 2019 lalu,” tutur Supriyanto.

Sementara, Kepala Bappeda Pemkab Rejang Lebong, H. Asli Samin menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi sambutan yang diberikan jajaran Pemkab Lampung Selatan.

Dia menuturkan, kedatangannya beserta rombongan untuk mempelajari program inovasi unggulan di kabupaten yang terkenal dengan pintu gerbangnya Jawa-Sumatera ini.

“Karena kami melihat program inovasi (Pakde dan Pake Oli) dari namanya saja sudah luar biasa. Ada juga Terapi Sentuh yang juga luar biasa. Mudah-mudahan, kami berharap bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat,” pungkasnya.

banner 250250

Komentar