Cegah DBD, Diskes Kota Bandarlampung Gelar Fogging

BANDARLAMPUNG – Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Bandar Lampung sudah mulai melakukan antisipasi penyakit saat memasuki musim penghujan di wilayah Bandar Lampung.

Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan melaksanakan fogging (pengasapan) dalam rangka mengantisipasi sebaran penyakit demam berdarah dangue (DBD).

“Ya kita sudah laksanakan fogging untuk mengantisipasi itu tersebar di 20 kecamatan,” ungkap Edwin Rusli, Kadiskes Kota Bandar Lampung saat diwawancara, Senin (9/12/2019).

“Jadi sebelum masyarakat ada yang mengadu memang kita laksanakan fogging karena itu perintah pak wali kota,” sambungnya.

Menurutnya, kasus DBD untuk yang terbaru belum ada namun berdasarkan data selama Januari 2019-sekarang ini totalnya sekitar sebanyak 800 an kasus.

“Tapi Alhamdulillah tidak ada yang meninggal. Itu kasusnya positif semua,” terang Edwin.

Ia mengatakan kalau dibandingkan dengan tahun lalu kasusnya mengalami penurunan.

“Dulu juga ada yang meninggal satu tapi kalau sekarang Alhamdulillah tidak ada,” jelasnya.

Lamjut Edwin menyatakan bahwa penurunan kasus tersebut dinilai lantaran kesadaran masyarakat di Bandar Lampung sudah mulai tinggi.

“Dan dengan adanya puskesmas kelurahan siap membantu. Jadi ada apa-apa langsung lapor ke kita dan langsung ditanggapi,” ucapnya.

Selain fogging, pihaknya juga melakukan upaya dengan abatesasi yang diberikan secara gratis kepada masyarakat.

“Ya bubuk abate bisa diambil di puskesmas-puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah Bandar Lampung,” tuturnya.

Ketika ditanya apakah terdapat wilayah yang dominan pada kasus DBD tersebut? Ia mengatakan kasus DBD bukan berdasarkan wilayah seperti penyakit malaria karena sifatnya merata.

“Selain DBD, penyakit malaria perlu diwaspadai memasuki musim penghujan. Untuk faktor penyebabnya sebenarnya hampir sama dengan DBD,” katanya.

Oleh karenanya, ia menyatakan langkah utama untuk mengantisipasi penyakit-penyakit tersebut dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

BACA JUGA:  Ngobrol Buku Foto Before too Late Karya Regina Safri Bareng Wagub Lampung

“Makanya mulai pergantian peralihan musim ini kita sudah mulai melakukan antisipasi tersebut seperti fogging dan lainnya,” pungkasnya. (*)

Facebook Comments